7 Manfaat Bermain Video Games

7 Manfaat Bermain Video Games

7 Manfaat Bermain Video Games

No Comments on 7 Manfaat Bermain Video Games

Beberapa penelitian menunjukkan adanya manfaat bermain video game untuk kesehatan (disadur dari The Week), diantaranya adalah:

  1. Video game digunakan sebagai terapi untuk anak-anak penderita penyakit kronis.

University of Utah melakukan penelitian tentang efek game pada anak-anak autisme, depresi dan penyakit Parkinson. Anak-anak yang bermain game tertentu, termasuk salah satu yang khusus dirancang hanya untuk penelitian, menunjukkan tanda-tanda perbaikan pada : ketahanan, pemberdayaan dan semangat berjuang. Para peneliti percaya, game dapat mengaktifkan emosi positif bagi anak-anak yang sehari-harinya harus menghadapi penyakit mereka.

  1. Video game meningkatkan kemampuan motorik anak usia prasekolah.

Deakin University di Melbourne, Australian, melakukan penelitian perkembangan 53 anak usia prasekolah, dan menemukan bahwa anak-anak yang memainkan game interaktif, memiliki keterampilan motorik yang lebih baik daripada anak-anak yang tidak bermain game.

  1. Video game mengurangi stres dan depresi.

Pada 2009’s Annual Review of Cybertherapy and Telemedicine, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa gamer yang menderita masalah kesehatan mental seperti stres dan depresi mampu melampiaskan frustasi mereka dengan bermain video game-dan menunjukkan perbaikan.

  1. Video game bisa menjadi pereda sakit/nyeri.

Psikolog di University of Washington mengembangkan game yang membantu pasien rumah sakit yang menderita sakit fisik menahun, berjudul Snow World. Rumah Sakit Militer mengemukkan bahwa Snow World dapat membantu memulihkan para prajurit yang terluka di medan perang. Para Prajurit yang bermain Snow World hanya memerlukan sedikit obat pereda sakit/nyeri.

  1. Video game dapat meningkatkan penglihatan.

Dr Daphne Maurer, psikolog dari Visual Development Lab of Ontario’s McMaster University membuat penemuan yang mengejutkan, bahwa penderita katarak dapat memperbaiki penglihatan mereka dengan bermain game seperti Medal of Honoe dan Call of Duty. Ketika memainkan game ini, diperlukan perhatian “attention” yang besar, sehingga dapat melatih untuk melihat hal-hal lebih tajam.

  1. Video game meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan.

Kebanyakan video game membutuhkan reaksi cepat dan pengambilan keputusan sepersekian detik. Ahli saraf kognitif di University of Rochester di New York menemukan bahwa game-gama seperti ini dapat melatih otak pemain untuk membuat keputusan yang sesuai di dunia nyata.

  1. Video game membuat kita tetap bahagia di usia tua.

Para peneliti dari North Carolina State University menemukan bahwa warga senior yang bermain video game (bahkan kadang-kadang) lebih bahagia/sejahtera. Mereka yang tidak bermain video game memiliki emosi yang negatif dan lebih mudah mengalami depresi.

Gambar diambil dari: http://internationalinsights.viacom.com/

 

About the author:

Related Posts

Leave a comment

Happy Donor

For more information, please kindly send us email at contact@happyplay.org.

Let’s Get Connected!

Back to Top